PILGUB JATIM, PASANGAN INDEPENDEN EGGY SUDJANA DAN M SIHAT DAFTAR KE KPU

Khusus | 11 Apr 2013 02:29:10 PM

   Pasangan Cagub Jatim, Eggi Sudjana dan Muhammad Sihat Pasangan bacagub dan bacawagub independen Eggi Sudjana-Muhammad Sihat yang maju pada Pilgub Jatim 2013 mendatang mendaftar ke KPU Jatim, Jalan Tenggilis Surabaya, Kamis (11/4).

    Pendaftaran Bacagub dan Bacawagub oleh Eggy Sudjana dan M. Sihat ke KPU Jatim ini langsung diikuti oleh ribuan pendukungnya di Jatim dengan menggunakan truk dan mikrolet langsung diterima oleh ketua KPU Jatim Andry Dewanto di Media Center KPU Jatim.

    Ketua KPU Jatim, Andry Dewanto saat ditemui di KPU Jatim, mengatakan persyaratan menjadi cagub perseorangan harus minimal menyerahkan sebanyak 1.118.000 KTP dan minimal tersebar di 20 kabupaten/kota.

    "Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah, KPU mensyaratkan calon independen Jawa Timur harus membuktikan dukungan dengan mengumpulkan 1.118.000 foto kopi KTP,” ujarnya

    Ia menjelaskan, fotokopi KTP itu juga akan didistribusikan lagi berdasarkan kabupaten/kota. Di sana akan dicek untuk memastikan nama-nama yang ada di fotokopi KTP benar dari daerah yang dimaksud.

    "Misalnya, bukti dukungan pada Eggy Sudjana dari Jember akan didistribusikan ke Jember. Kami akan cari tahu apakah pemberi dukungan itu benar-benar dari Jember atau bukan. Selain itu, kalau pada saat penghitungan ternyata jumlah dukungan kurang dari 1.118.000, seperti yang disyaratkan KPU, maka calon independen harus menggantinya dua kali lipat. Contohnya, dukungan Eggy Sudjana ternyata kurang 200 ribu, maka dia harus menggantinya dengan 400 ribu fotokopi KTP, " paparnya.

    Ia menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan 50 petugas KPU Jatim untuk menghitung jumlah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikumpulkan calon independen Gubernur Jawa Timur.

    Pihaknya juga menjanjikan perbaikan dalam pelaksanaan pilgub untuk berlangsung jujur, dan adil sesuai aturan. Jika ada pelanggaran Andre mengisyaratkan tidak akan berpihak dan akan memproses secara adil.

    "KPU dan Bawaslu akan bekerja sama untuk mengawal pelaksanaan pilgub. Kita tidak akan berpihak pada siapapun, termasuk incumbent. Dengan kondisi ini nantinya lahir pemimpin yang benar-benar diharapkan oleh rakyat, " ujarnya.

    Sementara itu Bacagub Independen Jatim, Eggy Sudjana mengaku membawa 1,2 juta foto kopi Kartu Tanda Penduduk. Padahal KPU untuk pilgub kali ini mensyaratkan dukungan 1,118 juta. "Hari ini kita sudah bawa 2 truk foto kopi KTP lengkap dengan tandatangan dukungan," tegasnya.

    Dia menegaskan, Jatim Insya Allah membuat sejarah dalam pilkada, karena calon independen baru kali ini mendaftar Pilgub Jatim. "Calon independen memang belum ada yang menang di pilkada daerah, tapi jangan sampai dicurangi. Kalau dicurangi akan membawa masalah ini ke MK," tegasnya. (pca)

Views 307804
Web Statistic